Latest News

Tuesday, July 26, 2011

Jangan Sembarang Menempatkan Perusahaan Anda Dalam Industri

Pernah dengar konsep product positioning? Ini adalah salah satu konsep dalam STP (segmenting, targeting and positioning). Product positioning ini adalah tentang bagaimana anda menempatkan produk anda di benak para konsumen anda. Semua jam memang memberikan manfaat untuk menunjukkan waktu. Itu benar, tetapi Rolex menempatkan produk jam mereka sebagai sebuah perhiasan. Iya, perhiasan. Dan positioning itu mereka lakukan melalui semua aktivitas pemasaran mereka. Itu yang namanya product positioning.

Nah, dalam industri, perusahaan juga harus melakukan hal yang sama. Alasannya jelas, kalau positioning-nya sama, maka customer tidak punya alasan untuk memilih perusahaan anda, sebagai penyedia jasa dan produk mereka. Keadaan ini tentu akan merugikan kedua perusahaan kan? Sebagai contoh, perusahaan Bakrieland, menempatkan diri mereka sebagai perusahaan properti yang menyediakan dua produk sekaligus: perumahan dan jalan raya. Tujuannya adalah untuk menghindari persaingan di antara sesama penyedia perumahan, maka mereka menempatkan diri mereka secara berbeda.

Nah, kemudian bagaimana memposisikan perusahaan secara berbeda dalam industri? Tentu saja, kita harus melihat titik terdalam dari aktivitas perusahaan. Itu adalah aktivitas sehari-hari perusahaan. Ada tiga macam hal yang harus kita perhatikan:

Pertama. Kedekatan dengan konsumen. Ada perusahaan yang biasa-biasa saja berhubungan dengan para konsumen mereka. Ada juga yang menciptakan hubungan intim. Seperti sepasang kekasih saja. Semakin dekat, maka akan semakin diingat kan? Semakin diingat, tentu akan semakin direkomendasikan kepada yang teman atau sejawat mereka.

Kedua, efektivitas operasional. Ini berhubungan dengan kegiatan sehari-hari perusahaan. Sejauh mana, perusahaan mencapai target harian, mingguan, bulanan dan seterusnya. Bicara perusahaan manufaktur mobil, kita bisa ambil pabrik mereka sebagai contoh. Misalkan, dalam satu siklus produksi, berapa unit produk bisa dihasilkan? Berapa banyak cacat yang masih muncul? Ini semua masuk dalam �efektivitas operasional�.

Ketiga, keunggulan produk atau teknologi yang ditawarkan. Pastinya, memang ada perbedaan kualitas produk atau teknologi proses kan? Nah, keunggulan ini yang harus dipertahankan untuk menjadi pembeda dibanding perusahaan lain. Keunggulan ini bisa juga menjadi unique selling proposition yang ditawarkan oleh tim pemasaran.

Ketiga konsep yang saya sampaikan di atas, pertama kali dirilis oleh Tracy. Konsep ini digunakan setelah kita mengetahui bagaimana posisi perusahaan kita di dalam industri tempat perusahaan kita ikut �bermain�. Dan dengan memberikan posisi yang tepat bagi perusahaan, maka kita memberikan nafas pada perusahaan untuk tumbuh dan berkembang dalam industrinya, selama beberapa tahun ke depan.

Sumber : http://strategibisnisanda.com

No comments:

Post a Comment

Tags

Aksesori Blog (3) Analisa Bisnis (4) Bisnis Hobi (10) Bisnis Jasa (7) Bisnis Kerajinan (12) Bisnis Kosmetik (1) Bisnis Makanan (13) Bisnis Money Game (1) Bisnis online (10) Bisnis Retail (6) Bisnis Rumahan (5) Bisnis Sampingan (7) Bisnis Sektor Agro (6) Bisnis sektor Ternak (1) Bisnis Souvenir (6) Bisnis Waralaba (6) Cara Sukses Bisnis (6) Character building (9) Definisi Pemasaran (3) Domain and Hosting (6) Efektivitas Pemasaran (4) Entrepreneurship (9) Etika Bisnis (6) Etos Kerja (9) Ide Bisnis (4) Inspirasi Bisnis (5) Internet Marketing (8) Jiwa Wirausaha (10) Kebutuhan Manusia (4) Kegagalan Usaha (4) Kepemimpinan (9) Kesalahan Pemasaran (4) Kiat Bisnis (2) Kiat Pemasaran (4) Kiat sukses (8) Kiat sukses Wirausaha (5) Kisah Sukses Wirausaha (8) Komunikasi Pemasaran (5) Konsep Pemasaran (5) Kreativitas Bisnis (4) Kunci Sukses Bisnis (6) Manajemen Bisnis (7) Manajemen Kepemimpinan (1) Manajemen Keuangan (6) Manajemen Konflik (7) Manajemen Mutu (6) Manajemen Mutu DikTi (1) Manajemen Organisasi (6) Manajemen pemasaran (6) Manajemen Pengawasan (7) Manajemen Risiko (6) Manajemen SDM (7) Manajemen Strategi (4) Media Pemasaran (5) Model Bisnis (6) Monetizing Site (8) Motivasi Bisnis (6) Motivasi Diri (1) Panduan blog (6) Panduan Wirausaha (1) Peluang Bisnis (3) Peluang Usaha (7) Peluang Usaha Agro (4) Peluang Usaha Hobi (5) Peluang Usaha Jasa (5) Peluang Usaha Kerajinan (4) Peluang Usaha Kuliner (8) Peluang Usaha Salon (3) Percaya diri (9) Perencanaan Bisnis (9) Perencanaan Pemasaran (8) Perilaku Konsumen (5) Persaingan Bisnis (4) Produktivitas Kerja (5) Rahasia Sukses (4) Ranking Blog (6) Risiko Bisnis (5) Sistem Pemasaran (4) Strategi Bisnis (9) Strategi Pemasaran (12) Studi Kelayakan Bisnis (4) Tingkatkan produktivitas (5) Tips Bisnis (11) Tips Memulai Wirausaha (5) Tips Pemasaran (5)